Peta Perekonomian Pulau Kalimantan

Kalimantan merupakan pulau ketiga terluas di dunia setelah irian dan greenland, bagian utara serawak dan sabah merupakan wilayah malaysia yang berbatasan langsung dengan pulau kalimantan indonesia dan brunei, kesuburan tanah di pulau kalimantan termasuk kurang jika di bandingkan dengan jawa dan sumatera. Pulau kalimantan diliputi hutan tropik yang lebat seperti pulau sumatera. Secara geografik pulau kalimantan stabil, relatif aman dari gempa bumi vulkanik dan tektonik. Kalimantan di lintasi dengan garis khatulistiwa yang membagi kalimantan bagian utara dan selatan. Pulau kalimantan terbagi menjadi 4 provinsi yaitu kalimantan barat, tengah, selatan, timur.

 

Persentase penduduk pulau kalimantan sekitar 6% dari 237.556.363 jiwa penduduk di indonesia. Pertumbuhan penduduk di pulau kalimantan terus meningkat dari tahun-ketahun, pertumbuhan yang paling pesat adalah dikalimantan tengah. Namun meskipun pertumbuhan penduduknya pesat namun masih banyak penduduk yang miskin di pulau ini yaitu sekitar 25,4% dari.jumlah penduduk

Mata pencaharian masyarakat dipulau kalimantan sangat beragam diantaranya dalam bidang pertanian yaitu tani padi, jagung, kedelai. dll. Dalam bidang perkebunan (kelapa sawit). Pada Seni dan budaya ( tari monong/tari penyembuhan, (tari pingan/ tari untuk bersyukur, tari jonggan/tari untuk memperluas pergaulan,). Alat musik (gong, rebab) dll. Senjata tradisional (keris,tombak). Sastra llisan (bekana, bejandeh, nyangahatan), kerajinan tangan (tikar lampit, ukir-ukiran, kacang uwoi, takung darok). Kue tradisional (lemang, lemper, lepat, jimut). Masakan tradiainonalnya salah satunya masakan asam pedas di daerah pontianak.

Pariwisata dikalimantan timur diantaranya Hutan Lindung Sungai Wain, pantai Manggar Segarasari, bukit batu, pesona bukit kahyangan, dan kedaton kutai kartanegara yang merupakan istana milik sultan kutai kartanegara. dan masih banyak lagi tempat wisata lainya dipulau kalimantan.
Jika ditinjau dari keadaan geografis, mata pencaharian dan pariwisata perekonomian di pulau kalimantan sudah cukup pesat namun berdasarkan data yang diperoleh masih banyak penduduk miskin di pulau ini maka dari itu strategi dan perencanaan yang perlu dilakukan adalah meningkatkan pendapatan masyarakat kalimantan melalui perbaikan kinerja masyarakat dan penambahan fasilitas dan sarana-prasarana untuk meningkatkan kesejahteraan. Dan tingkat pertambahan pendapatan pulau kalimantan akan menambah pendapatan nasional indonesia. Jadi strategi dan perencanaan pembangunan ekonomi di indonesia untuk masa yang akan datang adalah dengan mengkoordinasikan seluruh kegiatan daerah atau pulau-pulau yang ada di indonesia dengan memberikan penyuluhan untuk meningkatkan perekonomian di setiap daerah yang bertujuan untuk meningkatkan investasi dan mengurangi konsumsi sehingga pendapatan negara indonesia bisa meningkat dan masyarakatnya sejahtera.

 

sumber : http://id.wikipedia.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s