ETIKA DAN TATA CARA PENULISAN PADA BLOG

Blog merupakan singkatan dari web logadalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Blog sendiri memiliki banyak manfaat diantaranya sebagai sarana promosi diri, sarana belajar menulis, sarana promosi produk dan jasa, tempat curahan hati bahkan saat blog pun bisa bermanfaat menjadi sumber penghasilan.

Menulis diblog bukanlah hal yang mudah karena hasil tulisan bisa dibaca oleh semua orang. Layaknya sebuah tulisan yang bisa diakses dan dibaca oleh semua pengguna internet, tentunya dalam menulis blog diperlukan juga aturan-aturan yang menyangkut etika dalam berkomunikasi online. Sejumlah aturan hukum menjadi ‘alat pemaksa’ bagi para pengguna internet agar lebih berhati-hati dalam menulis di blog mereka.

Berikut ini adalah tata cara dalam penulisan blog yang baik pada umumnya, antara lain :

• Tampilan karya menarik
Menulis artikel di blog-blog merupakan suatu ide dan pemikiran dari kita sendiri, tentunya tidak akan sama dengan karya orang lain.

•Judul yang menarik

Pemilihan judul adalah hal utama yang harus dipikirkan, karena judul yang menarik dapat membuat si pembaca penasaran dengan isi dari tulisan diblog tersebut.

•Jangan menggunakan huruf besar dan berwarna, dengan menggunakan huruf besar sepertinya anda sedang emosi dan huruf berwarna membuat orang pusing karena itu lebih baik gunakan huruf dan ajaan yang biasa saja.

•Jangan lupa tanda baca seperti titik,koma,tanda tanya dll. Karena salah tanda baca dapat diartikan lain oleh si pembaca, maka tanda baca sangatlah penting.

•Tambahkan humor dalam penulisan, ada sedikit humor lebih baik. Orang tidak terlalu tegang dan merasa lebih rileks jika kita menulis sesuatu didalamnya ada sedikit humor, cukup sekali.
•Pemilihan gambar, jika didalam penulisan anda ingin ditampilkan gambarnya, sebaiknya jangan yang gambar yang besar itu membuat orang yang akan membuka blog anda menunggu terlalu lama, jadi jangan sampai karena gambar tersebut orang tidak jadi membuka blog anda.

• Mudah di mengerti
Dalam penulisan blog sebaiknya menggunakan bahasa yang baik dan mudah dimengerti oleh para pembacanya.

• Jangan mencheat karya tulisan orang lain
Mencheat atau biasa yang kita sebut dengan copy paste merupakan sesuatu hal yang curang yaiu dengan cara mengotak-atik karya tulis orang lain kemudian memindahkan ke karya tulis kita sendiri. Hal ini jelas tidak diperbolehkan, selain disebut sebagai plagiat juga sangat merugikan orang lain.

• Harus sesuai etika dan norma-norma
Penulisan terhadap suatu artikel haruslah sesuai dengan norma-norma kesopanan, karena dengan memperhatikan hal ini maka tentu akan banyak pembaca yang nantinya akan menyukai isi dari buah tulisan kita yang melakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan cara mengkritik ataupun memberi saran ke blog ataupun website kita.

• Dapat memberi inspirasi dan manfaat bagi pembaca
Buatlah suatu karya tulis yang isinya menarik dan memberikan suatu inspirasi serta manfaat  untuk kepentingan umum sehingga memberikan dampak yang positif bagi orang lain yang membacanya.

Selain tata cara dalam penulisan blog diperlukan pula etika dalam penulisan blog diantaranya :

1. Isi tulisan tidak mengandung unsur SARA
Masalah SARA sangat rentang menimbulkan pertentangan yang akan berakibat buruk apalagi ditulis dalam media online yang bersifat mudah menyebar.

2. Tidak berbau pornografi
Suatu hal yang perlu diingat sebagai penulis blog disini bahwa blog dapat diakses oleh siapapun tidak terkecuali oleh anak dibawah umur.

3. Tidak melanggar hak cipta
Hal ini perlu digaris-bawahi karena banyak blog yang menyertakan link ke suatu file berupa lagu, buku elektronik, software, film atau karya lain yang sebenarnya terlindungi oleh hak cipta. Sebagai penulis yang baik kita berusaha untuk tidak melanggar hak cipta.

4. Pencantuman sumber tulisan
Dalam menulis, kita seharusnya menghargai penulis lainya apabila kita menulis berdasarkan referensi yang ada pada artikel penulis lain. kita bisa meneruskan tulisan orang lain yang kita anggap bermanfaat dan menyebutkan bahwa tulisan tersebut berasal dari sang penulis aslinya.

5. Penggunaan Inisial
Pada saat membahas suatu kasus yang belum jelas, sebaiknya menggunakan inisial. Asas praduga tidak bersalah sebaiknya kita terapkan.Kiat bisa menyamarkan suatu kasus dalam bentuk cerita fiksi dengan penokohan yang berbeda untuk menyampaikan pesan dan hikmah yang dapat diambil dari suatu kasus.

6. Kata kunci yang tepat
Terkadang untuk kepentingan meningkatkan traffik blog, orang membuat kata kunci yang tidak sesuai dengan isi artikelnya. Hal ini akan menyesatkan pencari artikel, maka gunakanlah kata kunci yang tepat.
Sekian pembahasan mengenai tata cara dan etika dalam penulisan blog.

Terima kasih atas waktunya telah membaca artikel ini🙂

Sumber :

–         http://jiwaku931.blogspot.com/2011/06/membudayakan-etika-dalam-menulis-blog.html

–         http://sedotilmuu.blogspot.com/2011/10/etika-dan-tata-cara-penulisan-di.html

–         wikipedia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s