Karangan yang bersifat Deduktif dan Induktif

1. Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak di awal paragraf. kalimat uatama pada paragraf utama ini adalah kalimat topik.kalimat kedua dan seterusnya merupakan kalimat penjelas.

Contoh Karangan yang bersifat Deduktif :

Globalisasi bukan lagi menjadi istilah asing bagi telingan kita saat ini. Era ini ditandai salah satunya dengan perkembangan teknologi dan komunikasi yang kian canggih yang memungkinkan pertemuan ilmu pengetahuan , wacana dan budaya.Hampir semua ini kehiudpan telah memanfaatkan teknologi informasi.Kemajuan teknologi seolah-olah membuat orang dapat mengetahui apa saja dengan segera. Saat ini hampir setiap sudut tempat kita dapat melihat begitu menjamurnya “warnet” ataupun “ Game Online “. Salah satu produk yang dihasilkan dari perkembangan teknologi adalah Tablet yang dapat digunakan sebagai  alat komunikasi dan juga media internet, selain itu teknologi lain yang saat ini sedang berekmbang diantanya  laptop , HP, PC, digital camera  dll.

 

2.Paragraf Induktif

Paragraf Induktif adalah paragraf yang letak sasaran utamanya di akhir paragraf. Penjelasan atau uraian yang bersifat khusus dikemukakan terlebih dahulu diawal paragraf kemudian ditarik berupa sebuah kesimpulan di akhir paragraf. Paragraf induktif dapat berupa generalisasi, analogi, dan hubungan kausal.

 

Contoh Karangan yang bersifat Induktif :

Secara geografis Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu masuk dalam wilayah Propoinsi DKI Jakarta, terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil yang berada di teluk Jakarta, pulau seribu terletak pada 5◦24’ – 5◦45 LS dan 106◦40’ BT yang membentang daru utara Jakarta hingga Pulau Penjaliran di utara Kepulauan Seribu. Secara keseluruhan kawasan ini meliputi wilayah seluas 107.489 Ha atau hanya 15% dari luas Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Salah satu yang menarik dari Kepulauan Seribu adalah terdapatnya beberapa varietas tanaman yang berfungsi sebagai pohon pelindung dari abrasi pantai, sehingga pulau seribu merupakan salah satu kawasan konservasi yang ditetapkan sejak tahun 2002 dan karena keindahannya pun Pulau Seribu  juga resmi menjadi Taman Nasional Laut serta tempat wisata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s